mesin pencari

Custom Search

klik sini

Sunday, October 26, 2014

Hamil di Luar Nikah dan Permasalahan Sosialnya



Pada saat mencuat kasus pasangan muda MBA (Married by Accident), yang muncul terlebih dahulu bisa dipastikan adalah cemoohan, ejekan, mungkin juga makian. Dari sekian banyak kasus2 hamil sebelum nikah yang pernah saya perhatikan, dari mulai bisikan2, gunjingan sampai cercaan terbuka terlontar dari masyarakat. Tidaklah mengherankan di mana masyarakat merasa ada hal yang kurang selaras dengan kepercayaan mereka dan norma2 adat. Tidak di Indonesia, tidak di US, hal seputar kasus hamil sebelum nikah sebenarnya sama. Sekitar tahun 50-an, seorang wanita muda lajang yang memiliki anak di luar nikah akan dijadikan bulan2an oleh masyarakat sekitarnya. Kebanyakan dari mereka akhirnya memutuskan untuk melarikan diri sampai melahirkan. Atau bagi mereka yang sudah merasa putus asa, menggugurkan kandungan mereka, selain pilihan memberikan anaknya untuk diadopsi.
Dari permasalahan hamil sebelum nikah tersebut akhirnya mencetuskan gagasan untuk membuat tempat perlindungan bagi wanita2 muda ini. Gagasan itu yang memulainya justru dari pihak gereja. Karena mereka beranggapan jalan terbaik bagi wanita2 muda ini adalah memaafkan mereka dan berusaha membantu mereka memulai hidup baru. Beberapa gereja memelihara dan menjaga wanita2 muda tersebut dan menyarankan mereka untuk memberikan bayi2 mereka guna diadopsi. Hal demikian masih berlangsung sampai sekarang. Peraturan adopsi pun disesuaikan dengan perkembangan jaman, terutama sekarang dengan adanya DNA, memungkinkan seorang anak mencari ibu kandungnya. Dan adanya tengang waktu bag si ibu untuk berubah pikiran kalau2 dia ingin anaknya kembali.
Yang saya ingin ketengahkan di sini adalah apakah ada lembaga semacam di atas di Indonesia yang bisa membantu wanita2 muda ini menjalani hidupnya. Sebagian besar dari wanita2 yang mengalami MBA adalah kaum remaja yang masih banyak kesempatan yang bisa jalani. Hanya karena mereka hamil, mereka diharuskan berhenti sekolah. Di samping karena rasa malu, juga karena peraturan sekolah yang mengharuskan murid2 wanitanya "bebas" dari perkara anak. Saya ingat dulu ada adik kelas yang diberitakan hamil dan mesti keluar dari sekolah. Saat itu dia masih kelas 2 SMA dan dengan paksa orang tuanya memindahkan dia ke propinsi lain. Padahal pacarnya yang juga masih SMA itu ingin menikahinya dan bertangung jawab. Terjadilah kucing2an antara si pacar dengan orang tuanya si wanita. Hal ini yang suka membuat saya bingung, kenapa tidak dilegalkan saja hubungan mereka. Toh kasarnya, nasi sudah jadi bubur, kenapa harus dihalang2i?
Memperhatikan beberapa ibu tunggal yang harus menghidupi anaknya yang beberapa dari mereka adalah ibu kawan anak2 saya di sekolah, membuat saya berpikir dalam. Jenny (nama samaran) hamil saat dia masih SMA. Dia memutuskan untuk membesarkan anaknya sendiri sembari menjalani hidupnya yang sempat tertinggal. Sang bapak dari anaknya, meskipun cukup baik hubungannya dengan anaknya, tapi tidak mau berhubungan dengan si ibu & anak lebih dekat. Jenny mengikuti kelas malam untuk mengejar ketingalan SMAnya dan mendapatkan diploma SMA. Sementara itu dia bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran. Saat dia bekerja dan bersekolah, ibunya yang menjaga putrinya. Enaknya di US, bagi mereka yang ketinggalan dalam hal sekolahnya ada program di bawah state yang dapat diikuti supaya mereka bisa menyelesaikan sekolah dan memperoleh diploma. Di beberapa adult education diadakan program GED atau persamaan sekolah. Di beberapa perguruan tinggi diadakan sekolah malam (night school disebutnya bukan program extension) dan banyak dari lulusannya mendapatkan pekerjaan yang baik. Mengenai penitipan anak terutama bagi wanita2 muda yang berusaha menyelesaikan sekolahnya sambil bekerja juga dimudahkan oleh pemerintah state. Program seperti Head Start memungkinkan mereka untuk menitipkan anak2 mereka tanpa bayar atau bayaran minimum.
Perhatian yang timbul akibat kasus MBA sebetulnya masih salah tempat. Karena gembar-gembor dosa atau menyalahkan pihak orang tua bukanlah jawaban dari permasalahan yang timbul. Karena meskipun pasangan muda, terutama si wanitanya, ini bakal memiliki anak, mereka masih berhak mendapatkan pendidikan lebih lanjut. Demikian juga kesempatan untuk mendapatkan pelatihan bagaimana caranya merawat bayi dan anak, tentunya sangat berguna bagi mereka. Segi kesehatan juga harus sangat diperhatikan apalagi jika si wanitanya masih remaja belia. Kemungkinan besar bayi yang dilahirkan mengalami kekurangan atau cacat dapat terjadi, akibat usia ibu yang masih sangat muda. Dalam suatu masyarakat semestinya ada peran untuk membantu dan mengulurkan tangan bagi pasangan muda tersebut. Ya, memang mereka berbuat salah, tapi bukan berarti mereka harus disalahkan terus2an tanpa ampun.
Di bawah tekanan yang bertubi2 dari pihak orang tua dan juga masyarakat, seseorang bisa kalap dan melakukan kejahatan. Dari mulai aborsi baik yang sukarela maupun yang paksa sampai pembunuhan. Seperti halnya yang terjadi beberapa tahun lalu di kompleks perumahan orang tua saya. Sewaktu mendengar pacarnya hamil, si A merasa terdesak karena takut akan orang tuanya dan anggapan masyarakat. Lalu dia membunuh pacarnya dan menyembunyikan jenazahnya. Dalam kasus aborsi paksa, si wanita muda juga yang akhirnya menjadi korban yang mengakibatkan kematian atau cacatnya organ reproduksinya. Hal2 berlatar belakang MBA juga menghasilkan beberapa kasus pembuangan bayi. Kalau bayi2 itu diberikan kepada pihak panti asuhan lebih baik daripada dibuang semena2. Tapi di bawah pandangan masyarakat, seseorang bisa berpikir egois dan mementingkan perkaranya sendiri. Kalau sudah begini, bukankah tugas masyarakat sebenarnya untuk mengatasi meningkatnya kasus MBA dan kalau bisa mencari jalan keluarnya untuk pihak2 yang berkaitan. Jangan cuma bisa menuduh, menuding dan menyalahkan. Kenapa tidak dengan memaafkan terlebih dahulu, turut membantu dalam hal pendidikan, pengadaan lapangan kerja dan terutama tetap menjadi kawan, tetangga atau saudara mereka.

No comments:

Post a Comment

klik ini

Entri Populer seminggu