mesin pencari

Custom Search

klik sini

Sunday, October 26, 2014

INTERAKSI CAHAYA DENGAN BAHAN



Jika seberkas cahaya mengenai suatu bahan akan menyebabkan electron-elektron bahan tersebut bergetar, kekuatannya tergantung pada frekuensi cahaya dan struktur atom bahan. Cahaya yang menumbuk suatu bahan akan diteruskan, dipantulkan, atau diserap oleh bahan. Sesuai dengan hal itu maka bahan dapat dibedakan menjadi :
  1. Bahan tembus cahaya.
Bahan yang dapat meneruskan cahaya yang mengenainya disebut bahan tembus cahya, contohnya udara, lensa, air dan sebagian plastic.
Gambar 6.2. lensa merupakan contoh bahan tembus cahaya.

  1. Bahan tak tembus cahaya
Bahan-bahan yang dapat memantulkan cahaya dan menyerap cahaya tanpa meneruskannya disebut bahan tak tembus cahaya. Benda dapat dilihat jika bahan tersebut memantulkan cahaya ke mata.bahan berwarna gelap memantulkan lebih sedikit cahaya debandingkan bahan dengan warna terang. Sebagian besar bahan di alam adalah bahan tak tembus cayaha.

  1. Bahan buram
Bahan buran dalah bahan yang meneruskan sebagian cahaya yang mengenainya dan memantulkan atau menyerap sebagian lainnya. Cahaya yang mengenai bahan ini akan dihamburkan biasanya bahan ini terdiri dari beberapa zat misalnya air keruh.
  

No comments:

Post a Comment

klik ini

Entri Populer seminggu