mesin pencari

Custom Search

klik sini

Saturday, November 9, 2019

Manfaat Tak Terduga Tumbuhan Putri Malu


Tumbuhan yang punya nama latin mimosa pudica ini disinyalir sangat ampuh mengobati berbagai penyakit. Mulai dari luka diabetes sampai penangkal bisa ular. Ajaib, ya GanSist

Gerakan menguncup pada daun putri malu adalah cara melindungi diri dari hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan di sekitarnya.

Berikut manfaat putri malu untuk kesehatan

1. Menyembuhkan Luka Penderita Diabetes

Tidak disangka ternyata akar dari putri malu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes, lho GanSist. Berdasar dari penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, akar tumbuhan putri malu dalam bentuk ekstrak kloroform bisa digunakan untuk menyembuhkan luka yang dialami penderita diabetes.

2. Menyembuhkan Batuk

Tumbuhan putri malu juga bisa dikonsumsi sebagai solusi batuk, khususnya batuk yang disertai dahak. Caranya cukup merebus 10-15 gram putri malu dengan air secukupnya hingga mendidih dan dapat diminum setelah dingin. Selain untuk batuk, tumbuhan ini juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan masalah pernapasan, misalnya pilek serta penyakit pernapasan atas lainnya.

3. Mengobati Luka

Sebuah penelitian juga membuktikan jika akar tumbuhan putri malu bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan akar tumbuhan putri malu mengandung fenol yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit. Bahkan tumbuhan ini bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada luka bakar.

4. Mengobati Hepatitis

Manfaat berikutnya dari tanaman putri malu adalah bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati hepatitis.

Mengkonsumsi air rebusan putri malu, bisa meredakan penyakit hepatitis sekaligus meminimalisir gejala peradangan pada organ hati yang terjadi karena serangan virus hepatitis tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Penelitian juga membuktikan jika keracunan juga bisa diatasi dengan memanfaatkan tumbuhan putri malu. Kandungan ekstrak putri malu bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Sehingga organ hati bisa terlindungi dari racun berbahaya.

6. Mengatasi Imsomnia

GanSist ada yang susah tidur? Tumbuhan putri malu bisa menjadi solusinya. Gangguan susah tidur atau lebih dikenal dengan istilah insomnia tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kandungan dalam putri malu juga dikatakan bisa mengatasi masalah tidur tersebut dengan cara merebus 50 gram putri malu dengan air secukupnya dan diminum malam hari sebelum tidur.

7. Menghentikan Pendarahan dan Infeksi

Ekstrak bubuk tanaman putri malu juga berguna untuk kesehatan kulit karena kandungan senyawa tanin dan juga sumber antioksidan yang sangat penting untuk menghentikan pendarahan dan juga menurunkan risiko infeksi serta membantu dalam proses pembentukan jaringan kulit yang lebih sehat.

8. Mengatasi Demam

Untuk GanSist yang sedang demam dan sakit kepala bisa memanfaatkan daun putri malu sebagai penawarnya. Kandungan dalam putri malu ampuh untuk mengontrol suhu tubuh agar bisa selalu normal dan panas bisa diturunkan.

9. Melancarkan Saluran Kemih

Air rebusan tumbuhan putri malu juga bisa GanSist manfaatkan sebagai pelancar saluran kemih.

10. Menangkal Bisa Ular

Tidak hanya mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi serta manfaat antioksidan, namun tanaman ini juga memiliki sifat anti bisa sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangkal racun dari ular berbisa seperti kobra.

Akar dari tanaman putri malu yang sudah dikeringkan dan direbus membuktikan jika ekstrak tersebut terbilang efektif untuk menghambat racun dari bisa ular tersebut namun sebaiknya tetap dilakukan oleh pakar agar dosis yang digunakan bisa tepat.

11. Pencegah Disentri

Ekstrak tumbuhan putri malu mekiliki kandungan anti bakteri yang bagus untuk menangkal pertumbuhan dan perkembangan bakteri, yakni bakteri shigella dysentriae yakni bakteri penyebab disentri.

12. Menyembuhkan Rematik

Tanaman putri malu ampuh digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada penderita rematik.

Caranya adalah dengan merendam tanaman putri malu pada arak putih selama 2 minggu lalu gunakan tanaman putri malu yang sudah direndam tersebut untuk kompres bagian tubuh yang sakit.

13. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Ternyata sudah sejak dulu, cabang dari tumbuhan ini sudah digunakan untuk membersihkan gigi sekaligus menghilangkan bau tidak sedap, mengurangi plak, mengatasi dingivitis, memutihkan gigi dan juga periodontitis.

14. Meningkatkan Stamina Untuk Pria

Manfaat yang sangat mengejutkan dari tumbuhan putri malu adalah meningkatkan stamina pria saat berhubungan seksual. Caranya sangat mudah, cukup merebus 15 lembar aun putri malu bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja kemudian saring dan minum. Setelah meminum ramuan ini, khasiatnya akan terasa setelah 30 menit sesudah meminum air rebusan daun putri malu.
sumber

No comments:

Post a Comment

klik ini

Entri Populer seminggu