mesin pencari

Custom Search

klik sini

Friday, October 3, 2014

Back order


Backorder adalah suatu kondisi dalam pendistribusian barang dimana barang yang dipesan tidak atau belum dapat disediakan baik seluruhnya ataupun sebagian. Istilah ini banyak dipakai dalam perdagangan khususnya dalam penjualan dan pembelian barang melalui pesanan. Lawan dari backorder adalah forwardorder yaitu kondisi dimana semua barang yang dipesan telah tersedia akan tetapi belum dapat dikirim baik seluruh atau sebagian karena alasan-alasan tertentu.

Dalam Perusahaan dagang, pengendalian persediaan barang menjadi faktor yang sangat penting agar perusahaan dapat menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan barang. Oleh karena itu dibutuhkan penghitungan pemesanan barang yang optimal, sehingga persediaan tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Untuk melakukan penghitungan optimasi dan reorder point digunakan metode EOQ (Economic Order Quantity)-Backorder.  

EOQ-backorder diasumsikan terjadi kehabisan persediaan tetapi tidak terjadi kehilangan penjualan. Selain itu tidak menutup kemungkinan apabila barang yang habis masih tersedia di gudang pusat.

Output yang dihasilkan pada aplikasi adalah berupa angka-angka yang menunjukkan kuantitas pemesanan barang yang optimal dan biaya persediaan yang minimum.

Produk yang ditampilkan di toko terkadang tidak tersedia stock. Ketika hal ini terjadi, halaman detil produk (product details page) akan mengindikasi bahwa stock produk tidak tersedia. Terkadang pula informasi ketersediaan stock di halaman produk belum ter-update ketika pelanggan membeli barang yang mengakibatkan pembelian backorder. Ketika hal in terjadi, kemana.com akan segera menginformasikan kepada pelanggan melalui email dan memberitahukan kurun waktu untuk produk tersebut kembali tersedia stock. Pelanggan dapat menyetujui untuk meneruskan pembelian backorder, mengganti produk atau membatalkan order dan mengajukan refund (pengembalian uang).

Dengan pembelian backorder, pelanggan dapat membeli produk terlaris dan banyak digemari. Produk baru dan populer seringkali terjual dengan cepat dan pembelian backorder menjamin pelanggan untuk mendapatkan produk segera setelah stock tersedia. Kurun waktu dari produk tersedianya stock bergantung pada pemasukan barang yang pada umumnya antara 2 hingga 4 minggu. Mohon diperhatikan bahwa pembelian backorder untuk produk elektronik dapat mengalami perubahan harga yang ditetapkan oleh supplier untuk menyesuaikan dengan harga pasar yang tengah berlaku. Apabila Anda ingin membatalkan pembelian backorder, Anda dapat menghubungi customer service kami untuk melakukan pembatalan dalam waktu tidak lebih dari 24 jam sejak diterimanya invoice.

No comments:

Post a Comment

klik ini

Entri Populer seminggu