mesin pencari

Custom Search

klik sini

Saturday, June 4, 2011

KATA PENGANTAR

Saat ini, jika dikatakan bahwa dunia pertanian di Indonesia tidak akan kekurangan faktor - faktor lingkungan yang berperan dalam pertumbuhan tanaman dalam hal ini cahaya matahari, mungkin hal ini bisa dibenarkan. Tetapi kita harus melihat jauh kedepan bagaimana keadaan Indonesia di masa yang akan datang, apakah akan tetap seperti keadaan sekarang?.

Informasi terbaru mengenai keadaan bumi telah menunjukan bahwa terdapat suatu kecenderungan yang mengarah ke sisi yang negatif mengenai keadaan bumi pada masa yang akan datang. Dalam hal ini adalah, meningtatnya radiasi UV-B dari cahaya matahari sebagai akibat dari penipisan lapisan ozon. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap kehidupan di dunia secara umum dan dunia pertanian pada khususnya, dimana sukesnya dunia pertanian ini sangat tergantung pada kondisi lingkungan yang menguntungkan tanaman budidaya.

Karya tulis ini mengulas tentang fenomena alam yang terjadi akhir – akhir ini dan bagaimana sebenarnya pengaruh pengikisan lapisan ozon yang akan dapat mempermudah masuknya radiasi UV-B ke permukaan bumi serta pengaruhnya terhadap mahluk hidup khususnya tanaman budidaya serta tindakan – tindakan seperti apa yang perlu dilakukan agar tanaman budidaya dapat bertahan dan berproduksi secara optimal.

Dalam susunan karya tulis ini mungkin masih banyak kekurangan, kekhilafan atau kesalahan, penulis mohon maaf. Penulis juga menuggu masukan, kritikan atau saran yang membangun sehingga akan menambah pengetahuan di masa yang akan datang.

Akhir kata, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Ir. Sumirat Bronto Waluyo, MS selaku dekan fakultas pertanian, Bapak Ir. Daryanto selaku dosen pembimbing, Uci, Taufan, Nyevi, dodo dan semua pihak yang telah memberi semangat dan membantu hingga terselesaikannya karya tulis ini. Semoga karya tulis ini akan berguna bagi dunia pertanian di kemudian hari dan semoga pertanian di Indonesia akan bertambah maju dan dapat bersaing di era pasarbebas nanti.

Purwokerto, 20 November 2002

Penulis

No comments:

Post a Comment

klik ini

Entri Populer seminggu