mesin pencari

Custom Search

klik sini

Friday, October 3, 2014

TEKNIK MENJUAL



PENGERTIAN ILMU MENJUAL

a . Menurut J.S. Kenox
     Ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya mereka mau membeli barang- barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan, meski seluruhnya tidak terpikirkan lej calon pembeli untuk memenuhi barang itu, tetapi akhirnya tertarik untuk membelinya.
b . Menurut K.B haas dan F.C Porry
     Ilmu menjual adalah pelayanan timbale balik antara penjual dan pembeli      sehingga ke 2 pihak merasa puas dengan barang yang di terimanya.

B. MAKSUD DAN TUUAN ILMU MENJUAL
      Melaksanakan kemampuan dalam seni menjual, yaitu menjual kepandaian jasa maupun barang-barang kepada calon pembeli.

C. OBJEK ILMU MENJUAL
       Adalah penjual, dimana seorag penjual harus mengenali keadaan dirinya terlebih dulu, yaitu menyangkut keadaan fisik (pendengaran , penglihatan, nada suara, gaya bicara, dan penampilan)


TEKNIK PROMOSI

1. Pengertian promosi
    Promosi adalah kegiatan dalam pemasran yang di lakukan dengan cara memperkenelkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

2. Tujuan Promosi
  1. Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen terkait dengan barabg yang promosikan.
  2. Mendorong konsumen agar lebih banyak menggambarkan produktifitas dan membeli produk dalam julah besar.

3. Sasaran Promosi
  1. Seluruh masyarakat konsumen
  2. Para pembali
  3. Para pemakai produk pada waktu sekarang
  4. Masyarakat yang mempunyai daya beli
  5. Mereka yang mempunyai kekuasaan

4. Keuntungan Promosi
  1. Meningkatkan omset penjualan produk
  2. Produk menjadi lebih terkaenal
  3. Meningkatkan jumlah produk perusahaan
  4. Meningkatkan laba perusahaan

5. Bentuk bentuk promosi
     Marketing mix adalah promosi yang di lakukan dengan membaurkan 4 alat penting dalm promosi yaitu advertensi.personal selling,sales promotion, dan publicity.
Menurut D.W Foster, marketing mix adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan factor produksi yang di kerahkan guna mencapai tujuan badan usaha , misalnya laba, penghasilan yang di tanam, omset penjualan dan wilayah pasar yang ingin di kuasai.

  1. Periklanan atau advertensi adlah teknik promosi yang di lakukan secara tidak langsung yaitu menggunakan media advertensi.
  2. Personal selling adalah penyajian barang secara lisan dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang di tawarkan dapat terjual.
  3. Promosi penjualan
Cara ini lebih flexible karena dapat di lakuan setiap saat dengan biaya yang tersedia.Bentuk promosi ini bersifat jangka pendek dan tidak rutin.
Alat –alat yang di gunakan sebagai berikut:
    1. Contoh (sample): meberikan produk secara gratis kepada konsumen.
    2. Kupon: memberikan sertifikat hak potongan kepada pemenangnya.
    3. Premi: menawarkan barang sangat rendah bahkan gratis.
    4. Paket harga: produk yang memuat harga yang lebih rendah dari pada harga biasa.
    5. Tawarn uang kembali: tawaran pengembalian uang jika terjadi ketidak sesuaian antara produk dengan harga.
    6. Promosi dagang: potongan harga pada setiap pembelian produk.
    7. Pemajangan di tempat penjualan
    8. Pameran dagang
    9. Kontes : mengundang konsumen untuk mengikuti perlombaan.
    10. Undian : konsumen di ajak untuk mengumpulkan kabel untuk kemudian di undi.

     d. Publicity
        Adalah upaya pengaturan ruang editorial agar terpipsah dari ruang lainnya di         
         semua media yabg dapat di baca di lihat dan di dengar.
        Alat-alat yang di pergunakan sebagai berikut:
  1. Jumpa pers (pers relation): adalah pertemuan antara wartawan dengan produsen untuk meberikan informasi untuk di muat dalam media masa.
  2. Publicity produk (product publicity) : usaha memublikasikan produk khusus.
  3. Komonikasi perusahaan(corporate communication): adlah komunikasi intern dan ekstern dalam upaya menciptakan rasa saling pengertian di antara perusahaan.
  4. Pendekatan (lobbyng) : kerjasama dengan ahli hokum dan pejabat pemerintah untuk mrndukung atau menghapuskan peraturan.
  5. Bimbingan(conselling) : pemberian biumbingan kepada manajemen tentang masyarakat kemasyarakatan posisi perusahaan maupun citra perusahaan

No comments:

Post a Comment

klik ini

Entri Populer seminggu